Sunday, May 1, 2011

Makna dan Keutamaan Wudu #1

assalammualaikum^^

Menurut Imam Ibnu Mandzur, wudhu' berasal dari akar kata al-widha'ah, yang artinya keindahan(al-hasan) dan kebersihan (al-nadzafatu). Seseorang yang melaksanakan wudu pada hakikatnya orang tersebut dalam keadaan indah dan bersih.
Sedangkan dalam hukum islam, wudu adalah membersihkan wajah,tangan, kaki dan mengusap sebagian rambut. Definisi tersebut mengacu pada surat Al-Maidah ayat 6.
Kedua makna tersebut saling melengkapi dan menunjukkan betapa pentingnya wudu dalam Islam. 
Pertama, pentingnya berwudu sebelum melaksanakan shalat.  Wudu merupakan salah satu indikasi seorang muslimah telah suci dari berbagai kotoran, baik kotoran fisik maupun kotoran hati.
Kedua, seorang muslimah akan selalu terlihat indah dan bersih jika mengambil wudu. Sebab wudu menyimpan makna keindahan dan kebersihan. Keindahan yang lahir dari dalam jiwanya / inner beauty. Keindahan yang akan menjadikan dirinya semakin mantap dalam mengisi hari-harinya^^, karena akan muncul kepercayaan diri yang tinggi dan hilangnya rasa rendah diri.
Setidaknya, setiap muslimah melaksanakan wudu lima kali dalam  sehari. Wudu secara tidak langsung telah melatih seorang muslimah untuk memiliki awarness agar setiap saat tampil dalam keadaan indah, bersih dan suci. Terlebih lagi keindahan dan kebersihan yang dilakukan dalam wudu adalah untuk menghadap Allah swt *subhanallah.
so, seorang muslimah patut bangga dong dengan adanya perintah wudu. Sebab dalam wudu ada manfaat yang tidak terhingga, baik bagi keindahan fisiknya maupun keindahan amalnya di akhirat nanti (amiin..)

by Nurul Jazimah "Panduan Shalat untuk Perempuan"

No comments:

Post a Comment